Gunung Bromo adalah salah satu Gunung Berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur dan meliputi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai Gunung Berapi yang masih aktif, Bromo jadi tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya.

Statusnya yang masih aktif membuat Gunung Bromo jadi lebih menarik di mata Wisatawan. Ketinggian Gunung Bromo 2.392 meter diatas permukaan laut dan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara Lembah dan Ngarai dengan di kelilingi Kaldera atau Lautan Pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektar.

Gunung Bromo terkenal sebagai icon wisata Probolinggo paling indah dan paling banyak dikunjungi. Kata “Bromo” berasal dari kata “Brahma”  yaitu salah satu Dewa Agama Hindu. Gunung Bromo memang tidak besar seperti gunung api lain di Indonesia tetapi pemandangan Bromo sangat menakjubkan sekali. Keindahan Gunung Bromo yang luar biasa membuat wisatawan kagum.

Ada banyak destinasi yang bisa kita kunjungi menuju Gunung Bromo.

Kawah Gunung Bromo

Untuk dapat sampai di lokasi wisata Kawah Gunung Bromo, dari tempat parkir Jeep, para pengunjung dapat menggunakan jasa sewa Kuda atau berjalan kaki kurang lebih sekitar 1,5 km untuk sampai di anak tangga yang jumlahnya sekitar 250. Jalan yang dilewati berpasir dan melewati Pura Suci Suku Tengger yang biasa di fungsikan untuk melaksanakn perayaan Yadya Kasada atau biasa disebut dengan nama Upacara Kasodo, menurut legendanya Kawah Bromo asalnya dari letusan gunung Tengger . Dengan garis tengah lebih kurang 800 meter (utara-selatan) dan lebih kurang 600 meter (timur-barat). Sedangkan kawasan yang berbahaya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat Kawah Gunung Bromo.

Bukit Teletubies Gunung Bromo

Merupakan sebuah Padang Savanah yang biasa disebut dengan nama Bukit Teletubies Gunung Bromo dan dikelilingi deretan Perbukitan. Sebuah Pemandangan Alam yang sangat sempurna, bisa dikatakan Gunung Bromo mempunyai pesona alam yang sangat komplit, mulai dari pemandangan matahari terbit yang indah, kemegahan kawah Wisata bromo, Kaldera atau lautan padang pasir dan hamparan rumput yang terdapat di Padang Savanah ini.

Pasir Berbisik Gunung Bromo

Merupakan hamparan lautan Padang Pasir Hitam yang luas dan indah, lokasinya berada di sekitar Kaldera Gunung Bromo tepat pada bagian Timur kawasan wisata Gunung Bromo . Tempat ini sekarang jadi populer sejak pernah dijadikan sebagai lokasi shooting film Pasir Berbisik yang dibintangi oleh dian Sastro Wardoyo. Berada ditengah Lautan Pasir terdapat sebuah pure yang biasa dijadikan sebagai tempat sembahyang masyarakat suku Tengger.

Penanjakan Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah lokasi terbaik di Indonesia untuk melihat matahari terbit yang sangat indah dan menawan. Untuk dapat mencapai Penanjakan Gunung Bromo, wisatawan bisa menggunakan jasa sewa jeep Bromo untuk mengantarkan sampai ke lokasi-lokasi wisata menarik di Gunung Bromo. Berangkat menuju Puncak Pananjakan Gunung Bromo harus dilakukan pada di dini hari pagi sekitar pukul 03.00 dan perjalanan dapat dimulai dari penginapan tempat Anda menginap di gunung bromo, supaya Anda tidak ketinggalan matahari terbit di kawasan wisata Gunung Bromo.

Jika anda tertarik berwisata mengunjungi Gunung Bromo, Ikame Wisata menawarkan Paket Liburan yang dijamin akan terkesan dan tak akan terlupakan. Ayo, segera pesan dan berwisata ke Gunung Bromo bersama Ikame Wisata. Klik Disini untuk info lebih lanjut.