Setidaknya ada 3 alasan kenapa banyak pelancong ingin datang ke kawasan Malang Raya. Pertama, karena Malang bagian selatan memiliki deretan pantai yang indah. Sepanjang pesisir, traveler bisa menikmati deburan ombak, pantai berpasir putih, hingga snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut.

 Alasan selanjutnya mengapa Malang menjadi buruan adalah karena banyaknya tempat wisata dan hiburan di Malang, khususnya di bagian Kota Batu. Terakhir, Malang menyimpan banyak sekali tempat wisata kuliner yang menyajikan hidangan nikmat, unik, dan sayang untuk dilewatkan. Saat ke Malang, jangan lupa untuk berwisata kuliner di tempat-tempat terbaik yang tersaji di bawah ini. Ini adalah Tempat Wisata Kuliner yang sangat recommended.

1. Bakso President

Bagi pelancong yang kerap mengunjungi Malang, Bakso President adalah tempat kuliner Malang yang paling legendaris dan wajib untuk dikunjungi. Di tempat kuliner Malang ini, Anda bisa menikmati aneka olahan bakso khas Malang yang rasanya sudah pasti autentik dan juara. Ada bakso bakar yang diolah dengan bumbu khas, bakso dengan jeroan, dan bakso orisinal yang rasanya akan membuat Anda ketagihan.

Kedai Bakso President terletak di Jalan Batanghari No. 5 Malang. Lokasinya berada di pinggir rel kereta, sehingga saat ada kereta lewat, Anda bisa merasakan sensasi bergetar yang cukup kuat.

Bakso President buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.30. Kalau Anda ingin datang dan menikmati kuliner Malang yang satu ini, disarankan untuk datang lebih pagi terutama pada akhirnya pekan. Kedai ini cukup ramai sehingga kadang Anda harus antre tempat duduk untuk makan bakso yang memiliki kisaran harga Rp10.000-25.000 ini.

Tadinya saya pikir bakso ini diberi nama Bakso President karena President pernah berkunjung kesini atau bakso ini favorit nya President. Eh, ternyata saya salah. Berdasarkan informasi yang saya dapat, Bakso President ini didirikan sejak tahun 1977 oleh Abah Sugito. Awalnya Abah Sugito berdagang bakso pikul keliling selama kurang lebih lima tahun. Kemudian pada tahun 1982, dengan modal seadanya, Abah Sugito membangun warung bakso sederhana tepat dibelakang Bioskop President Malang. Walaupun pada tahun 1990 gedung bioskop sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan, bakso Abah Sugito tetap dikenal sebagai Bakso President.

2. Toko Oen

Toko Oen juga merupakan kedai paling tua di Malang yang menyajikan  kuliner khas Eropa yang resepnya tidak berubah sejak dahulu kala. Tempat wisata kuliner di Malang yang satu ini terletak di Jalan Basuki Rahmat atau kurang lebih 50 meter dari alun-alun. Di sini Anda bisa menyantap aneka es krim buatan tangan yang rasanya nikmat meski harganya bisa dibilang cukup menggigit bila dibandingkan dengan harga es krim pada umumnya.

Ada cukup banyak olahan es krim yang ada di sini. Anda bisa memilih rasa cokelat atau vanila dengan beberapa kombinasi rasa. Selain es krim, kedai yang selalu ramai dikunjungi oleh bule ini juga menyajikan aneka nasi goreng khas Malang, aneka kudapan manis, dan juga steak.

Toko Oen tidak hanya menyajikan kuliner Eropa kuno yang menggoyang lidah. Desain interior bangunan yang dibuka sejak 1920 ini juga klasik. Saat mampir ke tempat wisata kuliner Malang ini, Anda bisa menikmati suasana kuno sembari menyantap es krim dan bernostalgia ke masa-masa kejayaan Malang di masa lalu.

Sebagai sebuah restoran jadul, Toko Oen bisa dibilang menyajikan kuliner khas Belanda yang lengkap. Di sebuah counter berbentuk persegi panjang di depan pintu masuk terdapat berbagai jenis roti dan kue kering khas Belanda seperti speculaas, havermout, dan kaastengel. Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, kue-kue basah khas Indonesia turut ditawarkan di etalase yang sama dengan roti-roti.

3. Cafe Coklat Klasik

Untuk warga Malang khususnya anak-anak muda pasti sudah familiar banget sama minuman berbahan dasar coklat ini, iya Cokelat Klasik.  Gerai Cokelat Klasik ini juga tersebar di beberapa kota selain malang yaitu seperti Surabaya, Bandung, Palembang, Batam dsb. Nah Cokelat Klasik di Malang ini nggak cuma ada gerainya aja, tapi juga dibikin Cafenya yang bertema outdoor garden
Cokelat Klasik Cafe & Garden ini terletak di kawasan bukit yang berada sedikit lebih tinggi dari kota Malang. Cafe ini cukup luas dan muat banyak meja. Bener-bener banyak, mungkin sekitar 150-an meja. Meja-meja itu tersebar ada yang untuk 2 orang, 4 orang  dan ada yang muat 6-10 orang. Meja-mejanya juga dibagi ke beberapa tempat, ada yang di bagian paling atas dekat pintu masuk, turun sedikit ada lagi tempat untuk yang nggak mau diatas banget atau dibawah banget, sisanya meja yang tersebar di area bawah. Kita bebas mau pilih tempat duduk dimana aja.
Cokelat Klasik Cafe & Garden ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampai jam 12 malam. Biasanya Cokelat Klasik cafe ini mulai rame sekitar sore-malam. Karena ketika menjelang malam, lampu-lampunya mulai dinyalain yang bikin suasananya lebih kerasa indah.
Dan jika anda berminat untuk berwisata untuk icip-icip makanan dan berwisata di Kota Malang, Ayo, Berlibur bersama IkameWisata dan Raih pengalaman yang tak terduga bersama Ikame Wisata. Untuk informasi lebih lanjut,klik disini untuk melihat paket perjalanannya.