Dengan memilih Kepulauan Seribu sebagai tempat tujuan wisata, pertama anda tidak perlu pergi berwisata ke tempat yang jauh sampai ke luar Jawa atau bahkan luar negeri. Hanya dengan pergi ke kawasan Kepulauan Seribu yang tidak begitu jauh dari Kota Jakarta. Melalui perjalanaan laut dari Muara Angke, anda bisa datang ke kawasan wisata ini. Biaya untuk berwisata di sekitar Kepulauan Seribu juga tidak akan sebanyak saat anda pilih destinasi wisata lain di luar Jakarta.

Bicara soal keindahan alamnya sendiri, anda jelas tidak perlu ragu, karena pemandangan pantai yang indah di berbagai pulau disini akan menjadi hal utama yang nantinya akan anda dapatkan. Selain itu, pemandangan laut yang masih asri yang bisa anda nimati dengan kegiatan snorkeling atau pun menyelam menjadi sesuatu yang tidak kalah menarik dari wisata Kepulauan Seribu ini. Kemudian, mengenai destinasi wisata yang ada, ada banyak pulau disini yang bisa anda kunjungi. Lantas, apa saja pulau yang bisa menjadi tempat liburan anda tersebut? Berikut adalah daftar pulaunya:

Pulau Tidung

Pulau Tidung ini merupakan pulau yang paling terkenal di kawasan Kepulauan Seribu. Keindahan laut yang tersaji di pulau ini membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Karena jumlah pengunjung yang cukup banyak, agen wisata banyak memasukkan Pulau Tidung dalam paket wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu.

Bicara soal Pulau Tidung itu sendiri, pulau yang satu ini merupakan salah satu nama kelurahan yang masuk dalam kawasan administrasi Kecamatan Pulau Seribu, DKI. Kepulauan ini memiliki dua pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, berwisata ke pulau ini tentu menjadi sebuah ide yang sangat tepat. Kedua pulau tersebut terhubung oleh jembatan panjang yang dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan jembatan cinta. Dengan anda bisa mengunjungi pulau lainnya hanya dengan menyeberang dengan jembatan tersebut. Bagi anda yang ingin wisata Kepulauan Seribu sehari kesini, anda cukup lakukan perjalanan dari Muara Angke selama 3 jam.

Pulau Semak Daun

Untuk anda yang sedang mencari ketenangan atau pun bagi anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut, paket wisata Kepulauan Seribu ke Pulau Semak Daun bisa menjadi ide menarik. Tanpa perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain, anda bisa dapatkan keduanya disini.

Pulau yang satu ini adalah pulau kecil yang sampai saat ini tidak berpenghuni di daerah Kepulauan Seribu. Bagi anda yang ingin wisata Kepulauan Seribu dan dapatkan ketenangan dari suasana Kota Jakarta yang monoton, anda bisa memilih Pulau Semak Daun ini sebagai tujuan wisata anda. Aktivitas yang dapat anda lakukan di tempat ini cukup banyak, mulai dari ber-snorkeling, menyelam, menghabiskan waktu di pinggir pantai atau mendirikan tenda di tepi pantai. Memang, karena pulau ini tidak berpenghuni, maka anda harus membawa peralatan menginap seperti tenda.

Pulau Bira

Selain itu, ada pula Pulau Bira yang wajib masuk dalam daftar liburan anda di wilayah Kepulauan Seribu. Pulau ini memang belum begitu terkenal dan juga belum terlalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Karena itulah suasana dan juga ke-asrian kawasan pulau masih sangat terjaga. Jika anda ingin datang ke Pulau Bira, anda harus transit dahulu di Pulau Pramuka yang ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan dari Muara Angke.

Hal apa yang bisa anda lakukan tempat wisata Kepulauan Seribu ini? Tentu saja anda bisa menyelam untuk nikmati keindahan bawah laut dari Pulau Bira, bersantai di tepi pantai atau pun melihat keindahan laut di dermaga saat sunset. Jika anda ingin menginap, pulau ini menyediakan beberapa rumah kayu dengan gaya vintage yang bisa anda sewa untuk bermalam.

Pulau Pari

Pulau lain dalam wisata ke Kepulauan Seribu yang bisa anda kunjungi ialah Pulau Pari. Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu tersebut memang tidak se-terkenal Pulau Kidung, tapi saat ini banyak agen travel yang mulai masukkan Pulau Pari ini dalam paket liburan yang ditawarkan. Keindahan pulau ini menjadi hal yang membuat bnayak wisatawan terpukau dan ingin datang kesini. Anda yang datang dapat lakukan banyak aktivitas menarik. Misalnya saja ialah snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar pulau. Selain itu, jalan-jalan dan menghabiskan waktu dengan berjalan di tepi pantai pun bisa menjadi ide yang sangat tepat. Apalagi pasir pantainya berwarna putih sehingga menambah keindahan pantai di Pulau Pari ini. Sebagai tambahan, Pulau ini pun dijadikan sebagai tempat oleh LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai pusat penelitian kelautan.

Pulau Harapan

Objek wisata Kabupaten Kepulauan Seribu lain yang bisa anda pilih adalah Pulau Harapan. Pulau yang satu ini memang telah banyak memikat para wisatawan dengan keindahan alam yang tersaji disana. Jembatan kayu yang dibangun pun bisa menjadi tempat seru bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantainya. Pemandangan laut yang mempesona juga menjadi alasan lain mengapa anda disarankan datang ke Pulau Harapan. Keindahan terumbu karang yang ada di bawah laut pulau juga menjadi daya tarik luar biasa bagi para wisatawan yang datang. Penangkaran Elang Bondol pun dapat menjadi tempat lain yang sangat menarik dikunjungi di Pulau Harapan tersebut.

Pulau Bidadari

Wisata Kepulauan Seribu paling bagus selanjutnya adalah Pulau Bidadari. Apabila anda ingin wisata ke Kepulauan Seribu, pulau ini dapat menjadi salah satu pulau yang anda kunjungi. Selain keindahan alam yang ada, lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Jakarta, sekitar 15 km saja membuat anda bisa memasukkan pulau ini dalam daftar tempat wisata yang akan anda singgahi. Di Pulau Bidadari ini, anda bisa lihat sebuah benteng pertahanan warisan zaman penjajahan. Bukan hanya itu saja, lokasinya yang cukup dekat dengan Jakarta Utara pun membuat anda dapat melihat gedung-gedung yang berdiri layaknya sebuah miniatur kota. Tidak kalah menarik, ada pula hutan manggrove yang bisa anda kunjungi. Dari cerita yang ada, pulau ini dinamakan sebagai Pulau Bidadari sebab menjadi tempat berlibur Pengeran Jayakarta dan keluarganya.

Pulau Pramuka

Pulau ini memang cukup terkenal sebagai tempat wisata di Kepulauan Seribu. Sebagai salah satu tempat wisata, pulau ini menyajikan berbagai banyak hal menarik untuk semua wisatawan yang datang. Anda bisa melihat keindahan alam khas pantai disana. Bukan hanya itu saja, bagi anda yang ingin belajar tentang ilmu pengetahuan, anda dapat berkunjung ke tempat pelestarian penyu sisik yang ada disana. Penyu sisik ini adalah salah satu jenis penyu yang cukup langka sehingga dilestarikan di Pulau Pramuka ini.

Pulau Ayer

Dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan Seribu, tempat ini berada 14 km dari Pantai Marina Ancol. Inilah Pulai Ayer yang sangat eksotik dan terkenal sejak dulu. Memang, pulau yang satu ini mulai banyak dikunjungi para wisatawan pada tahun 1950. Bahkan, Bung Karno juga sering memilih Pulau Ayer sebagai tempat untuk beristirahat. Keindahan alam yang tersaji ditambah dengan banyaknya cottage bergaya etnik Papua di atas laut membuat anda serasa sedang berlibur di Raja Ampat. Jadi, tidak perlu datang langsung ke Raja Ampat, berkunjung ke Pulau Ayer bisa menjadi ide liburan yang lebih ekonomis. Selain cottage, anda bisa temukan banyak biawak hidup bebas disini.

Pulau Kotok

Pulau lain yang bisa anda pilih saat melakukan wisata di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Kotok. Keasrian alam pulau ini adalah hal yang akan anda dapatkan. Adanya cottage yang dibangun di atas pohon pun menjadi hal unik yang bisa anda dapatkan di pulau yang satu ini. Ditambah dengan keindahan bawah laut yang memukau, kawasan Pulau Kotok menjadi salah satu spot menyelam yang banyak dipilih. Karena itulah tidak jarang banyak penyelam yang datang ke pulau ini untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Pulau Putri

Pulau lain yang jangan sampai terlewat dalam wisata Kepulauan Seribu murah yaitu Pulau Putri. Pulau Putri memang sering menjadi salah satu pulau yang dikunjungi saat perjalanan ke Kepulauan Seribu. Pemandangan laut yang ada di Taman Nasional Lait Pulau Seribu akan menjadi pemandangan wajib yang nantinya akan anda dapatkan disini. Karena itulah banyak wisatawan yang akan terpesona dengan pemandangan alam yang tersaji di Pulau Putri. Di kawasan ini, anda bisa temukan cottage yang dapat disewa oleh para wisatawan yang ingin bermalam disana. Untuk aktivitas yang dapat dilakukan, anda bisa nikmati keindahan alam yang ada sambil nikmati sunset atau matahari tenggelam di Pulau Putri yang terkenal dengan sebutan Sunset Cruise.

Pulau Sepa

Pulau Sepa pun tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Meskipun tidak setenar pulau lain yang ada di wisata Kepulauan Seribu, pulau yang satu ini bisa menjadi destinasi wisata yang sangat tepat. Pesona laut yang ditawarkan di pulau tersebut tentu saja tidak kalah menarik dengan pemandangan laut yang tersaji di pulau lainnya. Karena telah menjadi salah satu pulau wisata atau telah dijadikan sebagai tempat wisata, Pulau Sepa memiliki beberapa fasilitas pariwisata yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Salah satunya adalah adanya penginapan disana. Jadi, bagi anda yang ingin bermalam di pulau ini, anda bisa gunakan jasa penginapan yang ada. Kemudian, untuk hal yang bisa anda lakukan disana sangatlah banyak. Anda bisa lakukan snorkeling, diving, dan juga nikmati waktu santai anda di tepi pantai sambil merasakan hembusan angin laut yang menyejukkan.

Pulau Pantara

Pulau Pantara menjadi pulau lain yang bisa anda kunjungi saat berwisata ke Kepulauan Seribu. Pulau ini adalah pulau terjauh yang ada di kawasan tersebut. Tapi, jangan salah, anda yang datang kesana akan mendapatkan banyak fasilitas wisata yang lengkap. Misalnya saja adalah penginapan yang bisa disewa para pengunjung. Karena lokasinya yang jauh, paket wisata yang ditawarkan pun tidak ada yang one day trip. Artinya ialah semua pengunjung wajib menginap disana. Selain penginapan, fasilitas lain seperti restaurant, kolam renang, bar, watersport, ruang meeting, dive shop hingga lapangan tenis tersedia di Pulau Pantara ini.